Minggu, 02 November 2014

Proses Cooling Pada Material Polimer Semi Kristalin (Bagian 3)

Kontrol dari proses kristalisasi atau shrinkage dan stress lanjutan akan bergantung pada kontrol dari kecepatan pendinginan telah menyebar ke seluruh artikel atau part, dapat dicapai dengan pengurangan kecepatan proses pendinginan atau penginterupsian pendinginan sehingga permukaan luar dari part atau artikel hasil ekstrusi akan mengalami pendinginan secara perlahan dan mengijinkan panas dari sisi lain untuk berdifusi ke permukaan yang lebih dingin.
Hal ini biasanya akan menjadi kritikal untuk artikel atau part hasil ekstrusi yang menghendaki pendinginan lebih cepat yang selanjutnya dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan bentuk tertentu, pendinginan awal biasanya disesuaikan sekadar untuk menghasilkan bentuk yang dikehendaki.
Dengan pendinginan kilat kontinyu, maka akan ada kemungkinan untuk terjadinya stress internal pada part atau artikel. Lalu bagaimana kita mengetahui bahwa telah terjadi pendinginan yang berlebih ? cara simple dan cepat untuk mengetahuinya adalah dengan memotong beberapa artikel atau part hasil ekstrusi menjadi berbentuk seperti kupon dan lalu memanaskanya di oven pada temperatur 93 – 148 deg C, selanjutnya didinginkan dan diukur nilai shrinkage dari permukaan dingin dan permukaan panas nya untuk bahan perbandingan.

Temperatur dan waktu pemanasan divariasikan dengan jenis polimer dan ketebalan dari kupon, shringkage akan seperti ditunjukan pada ilustrasi dibawah ini terutama untuk kupon yang rata dan datar namun mendapatkan pendinginan yang tidak sama, baik itu sebelum maupun sesudah proses pemanasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar