Minggu, 02 November 2014

Mengenal Cacat Weld Line Pada Artikel / Part Plastik (Bagian 1)

Cacat sambungan di artikel plastik atau biasa dikenal sebagai weld line adalah posisi dimana dua aliran lelehan muka dari mold yang berbeda membentuk garis yang kasat mata. Seringkali secara kenampakan weld line ini akan membentuk seperti garis batas, yang juga biasa dikenal dengan istilah garis aliran atau garis jahitan. Weld line akan mengakibatkan produk rejek dan terkadang dengan jumlah yang cukup signifikan, merupakan problem yang umum yang harus dihadapi oleh para praktisi pemrosesan plastik atau molder.

Weld line secara signifikan memperlemah struktur artikel plastik secara keseluruhan dan bahkan dapat menghasilkan masalah yang lebih parah lagi apabila inti permasalahannya dibiarkan begitu saja. Dalam beberapa kasus weld line ini terkadang akan berbentuk seperti cacat seperti guratan halus, glossy yang berbeda, tingkat haze dan blush yang berbeda dan pewarnaan yang tidak sempurna.

Alasan mengapa weld line ini dapat memperlemah struktur dari artikel plastik tidak langsung berkaitan dengan temperatur dari aliran muka itu sendiri, yang seolah-olah bekerja seperti mendesak satu sama lain, karena pada kenyataanya lelehan ini tidaklah memiliki kesempatan untuk menjadi dingin dan mengeras pada saat yang tidak bersamaan, sesungguhnyalah lelehan ini memiliki sifat seperti lava – secara mikroskopis lelehan akan menggelinding dan lalu memancarkan panas yang tersimpan didalam lelehan itu sendiri.



Alasan utama mengapa weld line ini dapat memperlemah struktur dari artikel adalah karena ketiadaan pertautan rantai polimer pada dua aliran lelehan muka yang bersampingan dan terjadi tepat ketika keluar mold pada titik persimpangan. Faktor yang menjadi kontribusi utama diantaranya adalah udara yang terjebak yang seringkali ada justru tepat di titik persimpangan, sehingga aliran lelehan muka sesungguhnyalah tidak secara aktual bertemu dikarenakan adanya gas yang terjebak. Analisis yang lebih rumit menggunakan mikroskop akan menunjukan gas yang terjebak ini bahkan ketika yang diamati adalah artikel yang secara kasat mata relative bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar